News

PEMKAB TANAH LAUT PROVINSI KALSEL, STUDI TIRU DI INSPEKTORAT DAERAH BALI

PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Denpasar, Rabu 9 Maret 2022. Dalam upaya peningkatan nilai capaian Pelaksanaan Monitoring Center for Prevention (MCP) Korsupgah KPK, dan Pelaksanaan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan BPK, serta Pelaksanaan Pengawasan Internal Berbasis IT, Pemerintah Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan kegiatan Studi Tiru di Inspektorat Daerah Provinsi Bali.

            Kegiatan Studi Tiru Pemerintah Kabupaten Tanah Laut dipimpin langsung oleh Bupati Tanah Laut (Haji Sukamta), didampingi oleh Sekretaris Daerah, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Plt. Inspektur Daerah dan beberapa Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Tanah Laut terkait beserta jajarannya.

            Alasan dipilihnya Pemerintah Provinsi Bali menjadi locus pelaksanaan Studi Tiru, disampaikan oleh Bupati Tanah Laut didampingi Sekretaris Daerah, karena Pemerintah Provinsi Bali selama 2 (dua) tahun berturut-turut memperoleh nilai capain MCP Korsupgah terbaik peringkat pertama secara Nasional, yakni pada Tahun 2020 dengan nilai capaian sebesar 98,57% dan pada Tahun 2021 dengan nilai capaian sebesar 98,86%. Selain dari itu Inspektorat Derah Provinsi Bali juga mendapatkan predikat terbaik dalam pelaksanaan tindaklanjut hasil pemeriksaan BPK RI serta telah menggunakan sistem IT dalam pelaksanaan Pengawasan Internal.

Bupati Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan (Haji Sukamta), memberikan apresiasi terhadap capaian MCP Korsupgah Pemerintah Provinsi Bali, dan terhadap upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Bali melalui Inspektorat Daerahnya akan dijadikan acuan untuk dilaksanakan di Kabupaten Tanah Laut. Selanjutnya juga akan berusaha untuk mendorong Inspektorat dan Perangkat Daerah terkait lainnya di Kabupaten Tanah Laut agar berinovasi guna meningkatkan kinerja dalam pemenuhan MCP Korsupgah KPK kedepan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut (Dahnial Kipli), menyampaikan terima kasih atas informasi yang diperoleh dan menyatakan cukup banyak mendapatkan pengetahuan atas dilaksanakannya Studi Tiru ini di Inspektorat Daerah Provinsi Bali. Kedepan akan berupaya lebih keras lagi dalam rangka pemenuhan capaian MCP Korsupgah KPK, walaupun pada Tahun 2021 capaian MCP Pemerintah Kabupaten Tanah Laut sebesar 93%.

Sebelum acara ditutup dilaksanakan tukar menukar cenderamata antara Bupati Tanah Laut didampingi oleh Sekretaris Daerah dengan Inspektur Daerah Provinsi Bali yang didampingi oleh Inspektur Pembantu Wilayah II (I Gusti Ngurah Putra Wiradnyana), dan diakhiri dengan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *