News

GPDRR Akan Digelar di Bali Dengan 193 Negara

Global platform for disaster risk reduction atau GPDRR merupakan pertemuan dua tahunan yang dihadiri oleh para pemangku kepentingan dalam pengurangan risiko bencana di tingkat global. Indonesia akan menjadi tuan rumah GPDRR 2022 yang berpusat di Nusa Dua Bali.

Penyelenggaraan GPDRR ke-7 di Pulau Dewata ini rencananya dihelat pada 23 sampai 28 mei 2022. Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah bersama dengan UNDRR telah melakukan berbagai persiapan untuk menerima delegasi dari 193 negara.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal Suharyanto, saat meninjau salah satu tempat wisata yang akan dikunjungi para delegasi menjelaskan garuda wisnu kencana akan diagendakan sebagi tempat kunjungan delegasi. Mengingat GWK hasil karya anak bangsa dengan penerapan sitem bubble dan peningkatan protokol kesehatan ketat.

Beliau menambahkan “Indonesia sebagai negara kepulauan dan terletak di cincin api atau ring of fire, memiliki potensi risiko bencana yang lebih tinggi, dan menjadi penting untuk terus melakukan investasi pada kesiapsiagaan dan pengurangan risiko bencana”. Diharapkan semoga pertemuan GPDRR ke-7 menjadi kesempatan untuk mencari solusi bersama dalam penanganan bencana alam maupun non alam, khususnya pandemi covid-19.

DS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *