Agro News

Wisnumurti : Pengembangan Ecowisata Puspa Aman Desa Sidan wajib Ditunjang Fasilitas Parkir

Sidan, Gianyar – kabaribali.com
Selasa, 4 Januari 2022.

Pusat Pangan Alami Mandiri Asri dan Nyaman yang disingkat dengan Puspa Aman merupakan program Bupati Gianyar Made Mahayastra guna mempercepat penganekaragaman pangan dan untuk meningkatkan gizi masyarakat. Melalui Puspa Aman Pemerintah Gianyar berupaya mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan rumah atau lahan-lahan yang tidak produktif untuk dikembangkan sebagai penghasil pangan yang baik agar mampu memperbaiki gizi keluarga, sekaligus juga sebagai penambah penghasilan dan menigkatkan perekonomian.

Perbekel Desa Sidan I Made Sukra Suyasa, S.Sos menyatakan telah bekerjasama dengan beberapa pihak untuk mengembangkan Puspa Aman dengan tim penggerak PKK Desa. Program ini disinyalir akan menjadi Puspa Aman terbesar di Kabupaten Gianyar. “Puspa Aman Desa Kami memiliki Luas Lahan lebih dari 1 Ha sudah kami tanami dengan beberapa jenis tanaman produktif, serta dilengkapi dengan rumah pembenihan bibit” ujar Pria dengan dua anak ini saat meninjau pembangunan Puspa Aman.

Sementara itu Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Dr.Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti,M.Si saat menghadiri Pujawali Pura Dalem Sidan yg dirangkaikan dengan Pewintenan Pemangku Anyar Pura Dalem Sidan, menyambut baik pengembangan ekowisata Puspa Aman Desa Sidan. Namun pihaknya menyarankan keberadaan Ekowisata wajib ditunjang dengan fasilitas parkir yang memadai. “saya melihat fasilitas parkir di sini masih sangat minim, karena jika ingin sukses menggait wisatawan maka sebagai pengelola harus memberikan rasa nyaman kepada pengunjung termasuk lahan parkir yg luas dan nyaman”. ujar beliau yang hadir didampingi oleh Sekretaris Yayasan Ir. I Ketut Sugihantara, MSA. dan Bendahara Cok Istri Raka Indrawati, SE.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri yg juga akademisi Warmadewa ini menambahkan Ecowisata di Desa Sidan agar dibuatkan master plan, sehingga memudahkan didalam perjalanannya kedepan. Selain ecowisata pengembangan Desa Sidan terus ditingkatkan, terlebih dengan adanya rencana Rumah Sakit Warmadewa yg kini pembangunannya telah berjalan.

Desa Sidan merupakan salah satu Desa yang bernaung di Kabupaten Gianyar. Desa seluas 2.19 Km2 memiliki jumlah penduduk mencapai lebih dari 5000 jiwa. Desa dengan 7 banjar ini sejak tahun 2020 turut mengembangkan program pemerintah Puspa Aman, dan kedepan diharapkan Desa Sidan dapat terus berkembang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. DS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *