News

Wapres KH Ma’ruf Amin : Percepatan Pembangunan Infrastruktur Fokus Pemerintah Wujudkan Indonesia Maju dan Sejahtera

Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin membuka Kongres PII Tahun 2021 yang berlangsung di Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Badung, Jumat (Sukra Paing, Pahang) 17 Desember 2021. Kongres PII Tahun 2021 ini mengusung tema ‘’Penguatan Insinyur Profesional Menuju Kepemimpinan Indonesia di Panggung Dunia”.

KH Ma’ruf Amin mengucapkan terima kasih kepada PII yang telah berkontribusi dalam dunia ke-insinyuran dan pembangunan di Indonesia. Dihadapan peserta Kongres PII Tahun 2021, Ma’ruf Amin mengatakan percepatan pembangunan infrastruktur menjadi salah satu fokus pemerintah dalam mewujudkan visi Indonesia maju dan sejahtera. Untuk itu, diperlukan kolaborasi dari para pihak terkait dalam rangka memperkuat ekosistem riset dan inovasi kemajuan bangsa. “Inisiasi kolaborasi berbagai pemangku kepentingan sangat diperlukan, terutama untuk memperkuat ekosistem riset dan inovasi,” ucap Wapres K. H. Ma’ruf Amin.

Wapres menambahkan adanya inovasi dan rekayasa teknologi merupakan kontribusi dari para insinyur yang sangat membantu dalam mempercepat pembangunan. “Insinyur memainkan peranan penting dalam menciptakan inovasi dan rekayasa teknologi yang akan mempercepat pembangunan,” jelas Wapres seraya megungkapkan jumlah insinyur profesional Indonesia masih tertinggal dibandingkan beberapa negara seperti Vietnam 9.000 insinyur dan Korea Selatan 25.000 insinyur. Untuk itu, diperlukan sertifikasi profesi sebagai upaya percepatan penambahan jumlah insinyur profesional dan Kita mendorong percepatan penambahan jumlah insinyur profesional agar sejajar dengan negara-negara maju, antara lain melalui sertifikasi profesi.

Lebih lanjut pendamping Presiden RI, Joko Widodo ini meminta kepada PII untuk memberikan kontribusi dalam mewujudkan visi Indonesia maju dan sejahtera, yaitu dengan cara memberikan rekomendasi kebijakan serta pengembangan kompetensi untuk berkontribusi dalam berbagai bidang.

Selain itu, Wapres Ma’ruf Amin juga menyampaikan arahan Presiden RI Joko Widodo terkait G20. Dimana Indonesia, diungkapkannya telah berkesempatan menjadi tuan rumah dan presidensi G20, sehingga momentum ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pengembangan pada tiga hal, yaitu penanganan kesehatan inklusif, transformasi digital dan transformasi menuju energi berkelanjutan.

“Hal ini sangat erat kaitannya dengan profesi Insinyur dan saudara-saudara diharapkan mampu berperan aktif dalam upaya tersebut,” urai Wapres Republik Indonesia seraya mengatakan sejarah mencatat dari 3 Presiden yang memimpin Indonesia, ketiga Presiden itu adalah seorang Insinyur. Saya berharap agar muncul lebih banyak lagi sosok Insinyur untuk berkontribusi lebih besar dalam pembangunan Bangsa ini,” tambahnya sembari mengungkapkan Menko Perekonomian dan Gubernur Bali juga merupakan Insinyur.

Dalam acara tersebut Persatuan Insinyur Indonesia (PII) juga memberikan penghargaan Outstanding Lifetime Achievement Award kepada Presiden RI pertama, Ir. Soekarno yang diterima oleh Gubernur Bali, Wayan Koster sebagai Perwakilan Keluarga Bung Karno.

DS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *