News

Wagub Serahkan Bantuan Pemprov Bali Untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Seusai melaksanakan persembahyangan di 2 lokasi pura pada hari pertama, Esoknya Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati bertolak menuju lokasi penyerahan bantuan Peduli Korban Bencana Erupsi Gunung Semeru di Pendopo Arya Wirajaya Kantor Bupati Lumajang, Selasa (14/12).

Penyerahan bantuan Pemprov Bali oleh Wagub Cok Ace secara simbolis diterima langsung oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama jajaran. Sementara dari jajaran Pemprov Bali tampak dihadiri pula oleh Bupati Jembrana Nengah Tamba, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali Made Rentin dan Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bali Ketut Sukra Negara.

Disela – sela penyerahan bantuan, Wagub Cok Ace menyampaikan bantuan yang diserahkan sebagai bentuk empati dan kepedulian atas bencana erupsi yang menimpa masyarakat Lumajang.

“Jangan dilihat dari nilainya, ini sebagai bentuk kepedulian, perasaan senasib dan sepenanggungan terhadap apa yang sedang dialami saudara – saudara kita di Lumajang. Mudah – mudahan apa yang kami sampaikan hari ini bisa sedikit meringankan beban masyarakat yang terdampak erupsi,” ungkap Wagub yang juga pelaku seni ini.

Mewakili masyarakat dan pemerintah provinsi Bali, Wagub Cok Ace pun menyampaikan ucapan turut berduka cita dengan adanya korban jiwa yang jatuh dalam bencana erupsi gunung Semeru pada tanggal 4 Desember lalu.

“Semoga masyarakat Lumajang bisa tegar, bersama – sama (masyarakat Lumajang-Bali: red) kita bisa hadapi dan lalui kondisi ini,” ujarnya sembari mengharapkan masyarakat Lumajang tetap waspada akan erupsi susulan dan jangan dulu melaksanakan aktivitas pada area siaga sebelum dinyatakan aman.

Sementara itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq pada kesempatan itu, menyampaikan apresiasi atas bantuan yang disampaikan, yang dinilai bisa meringankan beban yang dihadapi masyarakat Lumajang.

“Mewakili masyarakat Lumajang kami menyampaikan terima kasih atas kepedulian masyarakat Bali terhadap situasi yang sedang kami alami saat ini. Secara psikologis kami merasakan betul bagaimana hubungan persaudaraan saudara – saudara kita di Bali terhadap masyarakat kami, begitu harmonis. Dan hari ini kami merasakan saat mengalami bencana erupsi Semeru, kami merasa sangat terbantu. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat Bali atas kasih sayangnya,” ujar Thoriqul.

Disisi lain, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali Made Rentin saat ditemui usai penyerahan bantuan menyampaikan jenis bantuan yang diserahkan diantaranya terpal 32 lembar, selimut 94 lembar, matras 125 lembar, minyak kayu putih 1.176 botol, sembako 100 paket, paket kebersihan 100 paket, paket sandang 25 paket, masker kain 2000 pcs, masker medis 30box, serta 8 galon hanssanitizer. Senada dengan Bapak Wagub, Kalaksa Made Rentin mengharapkan hal serupa, bantuan yang diserahkan kala itu bisa meringankan beban masyarakat korban erupsi gunung Merapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *