News

Turnamen Ceki Sidan Cup, Lestarikan Permainan Tradisional Bali

Ceki, identik dengan permainan judi di Pulau Dewata. Namun sejatinya, Ceki adalah sebuah permainan tradisional Bali yang mengasah otak kanan dan kiri dalam menjalankan permainan.

Kini Ceki ini bukan semata sebagai ajang permainan yang harus dilestarikan, namun juga sebagai ajang perlombaan bagi penghobi , yang dibalut dalam sebuah Turnamen.

Turnamen Ceki yang dilaksanakan Desa Sidan, Kabupaten Gianyar ini, pada Minggu, 12 Juni 2022. Mengambil tempat di balai banjar Sidan, turnamen ini sebagai usaha penggalian dana yang bertujuan untuk Nangiang Ida Sesuhunan di Pura  Dalem Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar.

Turnamen Ceki ini ditargetkan hingga lebih dari 500 peserta se-Kabupaten Gianyar. Turnamen Ceki yang terbuka untuk Umum ini, Memperebutkan Juara 1, 2, 3, 4 dan 5 dengan Hadiah uang tunai.

Dalam sambutannya Made Sukra Suyasa Perbekel Desa Sidan mengatakan “kegiatan Turnamen Ceki Sidan Cup ini merupakan salah satu program penggalian dana dari masyarakat kami dalam rangka nangiang Ida sesuhunan ring Pura Dalem Sidan. Dari keseluruhan peserta akan dicari 5 pemenang dan memperoleh bonus dari Bapak Ketua FORMI serta Bapak Wakil Bupati”.

Turnamen Ceki Sidan cup dibuka langsung oleh Wakil Bupati Gianyar Anak Agung Gde Mayun didampingi Ketua FORMI yang sekaligus ketua DPRD Gianyar Wayan Tagel Winarta membuka secara resmi turnamen Ceki Minggu pagi.

Ketua FORMI Gianyar menyambut baik turnamen ceki ini. Politisi asal Tampaksiring ini menyebut Ceki sebagai salah satu cara kita untuk melestarikan warisan budaya leluhur. Pada kesempatan ini pihaknya mengucapkan terimakasih atas partisipasi para peserta turnamen.  Karena selain menghibur turnamen ceki ini juga sekaligus sebagai ajang penggalian dana.

Ketua DPRD Gianyar ini juga memberikan punia sebagai bentuk dukungan kepada panitia sehingga terwujudnya turnamen ceki ini.

Sementara Bapak Wakil Bupati Kab. Gianyar Anak Agung Gde Mayun mohon maaf atas ketidakhadiran Bapak Bupati. Namun beliau sangat mengapresiasi  kegiatan ini. Mewakili Bapak Bupati, ia juga menghaturkan punia Rp. 5 juta sebagai tambahan dana. Diharapkan kedepan dengan turnamen dan olahraga rekreasi ini dapat menghibur masyarakat Gianyar sekaligus melestarikan budaya Bali.

Pada Turnamen Ceki Sidan Cup ini yang keluar sebagai pemenang adalah I Wayan Sudarsana juara 1, disusul oleh I Wayan Cakra juara 2, selanjutnya I Wayan Edi Juara 3, I Wayan Cindra juara 4, dan Juara 5 diraih oleh Dewa Yoga.
DS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *